Iboih Beach, Sabang, Weh Island, Aceh.

Iboih Beach, Sabang, Weh Island, Aceh.

Selasa, 24 Juni 2014

Jamur Tiram Putih - Si Cantik yang Maknyoss

Jamur Tiram Putih yang Cantik nan Menggoda


Hi sobat....pa kabar? Kali ini pengen sharing tentang Jamur nih. Khususnya Jamur Tiram. Kalo di rumah semua pada doyan makan jamur ini. Berawal dari nyoba bikin jamur kriuk dari hasil panen seorang tetangga, eh....keterusan ampe sekarang. Malah hampir setiap minggu deh masak jamur.

Kak Ciwa biasanya suka anti ama makanan yang rada-rada 'aneh' bagi dia. Apalagi jamur kan masih bisa dibilang bukan sesuatu yang umum ya. Jadi saat pertama masak jamur kriuk, aku gak ngasih tau kalo yang sedang dimakannya adalah jamur. Waktu itu Ciwa mengira itu ayam. Hahahaha.....asyik juga ya, makan jamur tapi serasa makan ayam. Sssttt....tapi ini beneran loh,emang seratnya jadi mirip seperti daging ayam, terutama jamur yang ukurannya lebih gede. Nah loh, bisa jadi solusi buat bikin makanan yang murah kaaaan....Murah dan sehat tentunya...:-D


Jamur Tiram Putih di baglog-nya Bu Ammah


Jamur tiram putih atau Pleurotus Ostreatus atau yang sering disebut sebagai  King Oyster Mushroom mempunyai warna putih hingga krem dengan tudung yang bentuknya seperti cangkang tiram (yeelah,makanya disebut begitu). Jamur ini suka tumbuh di batang-batang pohon yang lapuk. Makanya oleh para petani jamur, media tanamnya biasanya adalah limbah gergaji kayu.

Jaman masih kecil, nenekku suka masukin jamur tiram putih, yang didapatnya dari pohon-pohon lapuk atau bekas tebangan pohon sekitar rumah, ke dalam adonan telur dadar. Uenaaakkk lho. Rasanya unik dan maknyoss..

Beberapa bulan lalu sempat ngeliat baglog jamur di petani jamur yang notabene adalah masih tetangga. Rasanya excited dan wow gitu dikelilingi jamur-jamur tiram yang warnanya dan teksturnya putih mulus gitu. Cantik euyy.....

Panen Jamur langsungdari baglog-nya. Seruuu....!


Nah, biar makin suka dan doyan, yuk kita intip kandungan dan manfaat si JamurTiram Putih ini...

Kandungan Jamur Tiram

Penelitian Sunan Pongsamart,biochemistry,Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jamur tiram putih ternyata mengandung protein, air, kalori, karbohidrat. Sisanya adalah serat besi,kalsium, Vitamin B1, B2 dan C. Wow banget yaaa...Ternyata memang ada kandungan proteinnya, bisalah menggantikan ayam. Soalnya kandungan proteinnya bisa mencapai 10,5 - 30,4%.

Setiap 100 gram jamur tiram mempunyai komposisi sebagai berikut :
- Kalori 367
- Protein 10,5 - 30,4 %
- Karbohidrat 56,6%
- Lemak 1,7 - 2,2%
- Thiamin 0,20 mg 
- Riboflavin 4,7-4,9 mg
- Niacin 77,2 mg
- Kalsium 314 mg
- Kandungan seratnya 7,4 - 24,6%

Kandungan seratnya yang cukup tinggi cucok banget buat pelaku diet. Nah,menurut Direktorat Jendral Holtikultura Departemen Pertanian, protein rata-rata jamur ini adalah 3,5 - 4% dari berat basah.Ini artinya 2 x lipat lebih tinggi dibandingkan asparagus dan kubis !!!. Kalo berat keringnya,maka protein jamur ini adalah 10,5-30,4%. Padahal beras hanya 7,3%, gandum 13,2%,kedelai 39,1% dan susu sapi 25,2%. See...:-)

Masih gak yakin? Wkwkwkwk.....Jamur tiram mengandung 9 macam asam amino seperti : lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin dan fenilalanin. Dan 72% lemak dari jamur tiram ini adalah asam lemak tak jenuh sehingga sangat aman dikonsumsi oleh penderita hiperkolesterol. Lalu 28% asam lemak jenuh yang terkandung di dalamnya diduga adalah penyebab kenapa ini jamur rasanya uenakk bingit.....

Tambahannya, mineral utama tertinggi di kandungan jamur tiram adalah : Kalium, fosfor, Natrium, Kalsium dan Magnesium. Dan yang asyiknya lagi nih, mineral mikroelemen yang bersifat logam dalam jamur tiram sangat rendah sehingga jamur ini aman dikonsumsi setiap hari.

Manfaatnya

Jamur tiram punya banyak manfaat, diantaranya sebagai makanan, penurun kolesterol, antibakterial dan antitumor. Jamur ini juga dipercaya mempunyai khasiat obat untuk lever, anemia dan diabetes. Dan karena kandungan seratnya cukup tinggi, ia juga dapat membantu penurunan berat badan.Hehehehe.....buat gue bangett...;-D

Olahan Jamur Tiram

Nah, kalo yang ini sih aslinya gak berani komentar.Secara gak rajin ke dapur....hihihihhi. Tapi bolehlah ya cerita yang saya tau aja. Seperti di awal tadi, jamur ini lezat banget dibuat jadi jamur kriuk. Mau dibuat kriuk bingit okey atau dibuat gak terlalu kriuk juga asyik. Kalo di rumah lebih suka yang gak terlalu kriuk, karena lebih kerasa rasa jamurnya. 

Selain itu, dimasukin ke sup, ini juga oke lho. Ke sup kimlo apalagi...hehehe. Bisa juga dimasukin ke mie goreng, isian burger, ditumis, di sate, roulete jamur dan banyak lagi. Bagi yang suka jamur dan dapur,pasti olahannya bisa jadi lebih keren dan yummy deh....

Jamur Kriuk

Sate Jamur

Roulete Jamur
Ketiga Gambar di ambil dari sini


Sooo...apalagi,ayo konsumsi jamur. Selain murah dan enak, sekalian bantu para petani jamur untuk terus bisa bertahan dan berkembang yaaaa....:-)



Sumber : Wikipedia





13 komentar:

  1. hmmm...jadi mau mak...
    salam kenal mak...^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Mak Farial.....enak banget loh...
      Kalo buat anak-anak cobain Jamur Kriuk deh Mak...
      Rasa nambah...hehehehe

      Salam kenal Mak Farial...;-)

      Hapus
  2. Saya paling suka jamur tiram yang digoreng. Rasanya enak, ga kalah sama daging. Paling tidak, itu menurut saya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget kok Mas Iwan...
      Seperti daging ayam, tapi lebih enak dan sehat...:-)

      Hapus
  3. Kayak ayam ya Mak ... saya belum pernah masak jamur *ketahuan katroknya hehehe*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaa....ayo cobain Mak Mugniar.....
      Kalo deket sini, saya anterin ke rumah deh Mak....
      hehehehe....:-)

      Hapus
  4. saya kadang suka masak jamur tiram disemur, klo jamur putih kering untuk campuran soup. enak, sehat dan harganya lebih murah dari ayam..pengin bikin jamur kriuk tapi masih gagal...hehhehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa...bagi resep semur jamurnya donk Mak Lathifah?
      Kita berter deh...ntar saya bagi resep jamur kriuk ya Mak....;-)

      Hapus
    2. Barter maksudnya...hehehehe

      Hapus
  5. Hmmm... yummyyy! This is it! jamur tiram maknyus ala chef Putri Madona :-) Maaauuuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi......jadi malu Mak....
      Kalo saya chef,bisa berantakan dapur saya buat Mak.....hahahaha
      ;-)

      Hapus
  6. bunda maaf telat ya, ini postingan request-an bunda soal rasa takut pada anak

    maaf kalo ada yg kurang

    http://emmakim28.blogspot.com/2014/06/rasa-takut-pada-anak.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ke tekapeh Mak...
      Tq ya Mak....:-)

      Hapus

Terima kasih sudah mampir di blog ini. Feel free to make any comment yaaa...